Pendidikan, Al-Hidayah, Guru

Tanggung Jawab Orang Tua

       Di dalam keluarga bahagia, pendidikan dan pengamalan agama mutlak diperlukan karena dengan agama, pikiran menjadi tenang, hati merasa tentram, dan keluarga pun menjadi bahagia. Sebaliknya bila tidak disertai dengan agama, hidup terasa hampa dan gersang bagaikan hutan yang habis dilalap api.

       Orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam membesarkan anak. Ia pun mempunyai tanggung jawab penuh dalam pendidikan dan pengamalan agama bagi seluruh anggota keluarganya, terutama anak-anak. Islam sangat memperhatikan tanggung jawab yang satu ini, memerintahkan orang tua untuk memikul tanggung jawabnya dan memberi peringatan bagi yang lalai menjalankan kewajibannya.
Allah swt. berfirman

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا   يُؤْمَرُونَ

       Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

pendidikan, orang tua, agama
pertemuan orang tua RA Al-Hidayah Banjaran

       Memelihara keluarga berarti mendidik dan mengajar mereka untuk taat kepada Allah Swt. Ketaatan ini antara lain membaca al-Qur’an bersama, sekali-kali shalat berjama’ah di rumah, makan bersama dengan do’a sebelum dan sesudahnya, dan sebagainya. Akan terasa indah dan nikmat hidup bersama keluarga, bagaikan hidup di syurga, bila dihiasi dengan ajaran agama.

       Pantas sekali Nabi Muhammad Saw. merasa tenang dan tentram hidup bersama keluarga sehingga beliau mengatakan “rumah tanggaku bagaikan syurgaku”.
Tanggung jawab ini merupakan persoalan besar yang pelik dan penting karena pendidikan anak bukan hanya dimulai sejak anak lahir ke dunia tetapi ketika di dalam kandungan pun, calon ayah dan ibu mulai mendidiknya.

tanggung jawab, orang tua, pendidikan
pendidikan agama di dalam keluarga mutlak diperlukan karena dengannya hidup menjadi tentram

       Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan ibu hamil merupakan pendidikan bagi sang janin. Oleh karena itu, perbuatan baik yang dilakukan ibu hamil merupakan pendidikan baik bagi janinnya, begitu pula perbuatan jelek yang dilakukan olehnya merupakan pendidikan jelek bagi janinnya. Dengan demikian, ibu yang sedang hamil sebaiknya memperbanyak kebaikan dan menghindari perbuatan yang kurang baik.

       Sebenarnya pendidikan anak dilakukan lebih awal dari pada kehamilan, yakni ketika memilih pasangan hidup. Ketika seorang lelaki memilih calon istri atau seorang istri memilih calon suami , berarti mereka telah menetukan masa depan anaknya, hendak dibawa ke arah mana anak-anak yang akan mereka miliki, serta bagaimana pendidikan yang akan mereka terapkan terhadap anak-anaknya.

       Sekali lagi, dengan lemah lembut Allah Swt. Berfirman “Dan perintahlah keluargamu untuk mengerjakan shalat dan bersabarlah dalam mengerjakannya” (Q.S; 132).
Dengan demikian harapan kepada orang tua Indonesia untuk lebih memperhatikan tanggungjawabnya terhadap pendidikan keluarga.
Semoga bermanfaat.

1 komentar pada “Tanggung Jawab Orang Tua”

  1. Pingback:Pendidikan Agama Dalam Keluarga | RA AL-HIDAYAH BANJARAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *