wakaf, infak, hukum islam

Keistimewaan Wakaf

       Keistimewaan Wakaf

       Wakaf memiliki keistimewaan tertentu yang tidak dimiliki oleh jenis infak lainnya. Manusia bisa saja menginfakan hartanya dalam jumlah besar, akan tetapi infak tersebut tidak bertahan lama bahkan bisa habis sekaligus atau secara berangsur-angsur. Padahal masih banyak orang-orang miskin yang masih memerlukan sentuhan infak. Karena itu, alangkah baiknya bila harta yang diinfakan itu berbetuk paten (wakaf) yang dapat bertahan lama, sehingga apabila terdapat orang-orang miskin yang memerlukan santunan, infak yang paten dapat terus dimanfaatkan.

       Sebagaimana kita maklum, Allah memberi manusia kemampuan dan karakter yang beraneka ragam. Dari sinilah timbul kondisi dan lingkungan yang berbeda di kalangan manusia; ada manusia yang kaya, miskin, pintar, bodoh, kuat, lemah, dan sebagainya. Di balik semua ini, sebenarnya tersimpan hikmah Allah yang sangat dalam, ketika yang kaya mempunyai kesempatan untuk menyantuni yang miskin, orang pintar bisa membimbing yang lemah, dan yang kuat bisa menolong yang lemah. Dengan demikian, setiap manusia bisa melakukan kebajikan dalam rangka lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. , sehingga interaksi antar manusia bisa berjalan terus menerus.

wakaf, infak, hukum islam
manfaat wakaf besar sekali bagi kemajuan ummat Islam

       Kebajikan yang berbentuk infak pun beraneka ragam; ada yang bersifat mengikat (wajib), ada yang bersifat sukarela (sunnat), ada yang bersifat tetap (wakaf). Dari semua ini, infak yang paling utama adalah mengeluarkan harta secara tetap dan langgeng dengan sistem yang teratur dan tujuan yang jelas pula. Di situlah, peran wakaf yang menyimpan keistimewaan sosial, dapat diwujudkan.

       Keistimewaan wakaf tersebut berupa:

  • Pahalanya terus menerus mengalir bagi wakif yang telah mendermakan hartanya secara abadi di jalan kebaikan demi mendekatkan diri kepada Allah SWT., sehingga pahala bagi wakif akan terus berlipat-lipat dan tidak akan pernah berhenti;

  • Manfaat dan kebaikannya terus mengalir dan tidak akan terputus karena berpindahnya kepemilikan harta benda wakaf, sehingga fakir miskin dan mauqif ‘alaih lainnya terus menerus merasakan manfaat dan kebaikan harta benda wakaf yang telah didermakan oleh wakif.

1 komentar pada “Keistimewaan Wakaf”

  1. Pingback:Wakaf Menurut Para Fuqoha | RA AL-HIDAYAH BANJARAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *